Perawatan Mobil Rental Pontianak : Jangan Remehkan Hal Sepele

Para pelaku dan pemilik mobil rental Pontianak sering kali menganggap remeh masalah-masalah sepele yang terjadi pada kendaraannya. Namun hal-hal sepele tersebut sebenarnya menjadi pemicu berkurangnya tingkat keamanan berkendara serta kenyamanan yang menjadi keharusan para penyedia jasa rental mobil di Pontianak. Dari pantauan yang sering ditemui, berikut beberapa masalah-masalah sepele yang sering terjadi pada kebanyakan mobil-mobil rental;

  • Stop Lamp Mati Sebelah.

Untuk yang satu ini, terjadi tidak pada kedua lampu rem. Biasanya terjadi pada salah satunya saja, entah yang sebelah kanan atau kiri. Ada 2 hal yang menjadi penyebab kondisi seperti itu. Penyebab itu bisa dilihat setelah melihat langsung kondisi bolham, dengan cara melepas stop lamp dengan bantuan kunci T 10 dan obeng kembang. Bila kondisi bolham tidak ada yang putus, dipastikan ada masalah pada soket. Bisa jadi gak menempel pada bolham. Solusinya tinggal mengencangkan soket tersebut dan sekaligus membersihkannya dari karat dan kotoran yang ada.

Masalah kedua bila terlihat filamen di bolham putus. Masalah tersebut tidak ada urusannya dengan sistem kelistrikan, hal ini umumnya disebabkan dari umur pakai bolham itu sendiri. Bicara soal umur pakai, ternyata penggunaan di jalanan ikut mempengaruhi. Kondisi jalan yang sering macet, membuat pengendara melakukan stop and go. Kondisi ini membuat intensitas penggunaan stop lamp cukup tinggi, akibatnya umur pakainya jadi lebih pendek.

  • Mud Guard

Acap kali terlihat komponen yang satu ini sobek. Kadang yang terlihat sobek bagian depan, tapi juga kadang terlihat di bagian belakang. Bahan karet yang dipakai untuk mud guard, sesungguhnya tidak mudah sobek. Kalaupun terlihat ada yang sobek, itu karena pemakaian yang tidak pada tempatnya. Pemakaian tidak pada tempatnya yang dimaksud adalah seperti keseringan berkendara di bahu jalan. Sering melalui jalan yang berlubang, juga bikin mud guard mendapatkan getaran berlebihan dan pada akhirnya sobek. Kalau sudah rusak sangat disarankan menggantinya dengan part orisinal. Jangan pakai non orisinal apalagi yang berbahan busa, tidak tahan lama.

  • Power Window Macet

Apakah anda tahu bahwa power window sebelah kanan lebih awet dari pada sisi lainnya? Hal itu dikarenakan bagian tersebut lebih sering dipakai daripada sisi bagian lainnya. Oleh karena jarang dipakai, malah bikin debu dan karat menempel di motornya. Karat yang terdapat di motor power window itu, akibat dari air yang masuk. Biasanya air itu bisa nyelonong masuk karena karet channel kacanya performanya sudah menurun. Umur pakai yang sudah lebih dari 4 tahun, bikin air atau debu nyelonong masuk. Plus jarang digunakan, maka kotoran makin menumpuk dan karatan makin banyak. Kondisi ini ujung-ujung nya bisa bikin power window mati. Bila kondisinya hanya seret atau lamban saat naik, biasanya karena karet pelipitnya saja yang sudah ujur.

Demikian sekelumit wawasan dari kami. Untuk rekan-rekan pebisnis Rental Mobil Pontianak, semoga semakin sukses kearah yang diinginkan. Semakin berkembang menjadi Bisnis jasa yang menjanjikan, terdepan dalam pelayanan.